• BKKBN
    BKKBN
  • Dies Natalis 23
    Dies Natalis 23

Dies Natalis FKM ke - 18

Kawasan Tanpa Rokok ( KTR ) Problem dan Prospeknya di Masa Depan, demikianlah tema Dies Natalis ke-18 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. Acara pembukaan dies natalis FKM Minggu (29/10) kemarin ditandai dengan pelepasan balon oleh Bapak Rektor USU Prof. Syahril Pasaribu didampingi oleh ibu Rektor. Dies Natalis FKM – USU merupakan kegiatan tahunan, yang dilaksanakan semenjak tahun 1992. Tahun ini kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium Fakultas Kesehatan Masyarakat USU yang dihadiri oleh Rektor USU Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H., M.Sc(CTM)., Sp.A(K), Dekan FISIP USU, Dekan FIB USU, Dekan F. Keperawatan, dan Civitas akademika FKM USU.

Pelaksanaan kegiatan akan dikemas dalam bentuk kegiatan yang komunikatif, informatif dan edukatif. Dimana hampir seluruh civitas akademika kampus FKM USU ikut berpartisipasi dan memeriahkan acara ini. Dan kegiatan ini juga akan melibatkan berbagai pihak yang dianggap mempunyai peran dan pengaruh yang sangat penting. Seperti tahun sebelumnya yang menyajikan acara Perlombaan - perlombaan, seperti perlombaan Akustik & Band Parade, Recycle Contest, Lomba membuat tong sampah, Futsal, Basket dan lain sebagainya, yang melibatkan tentunya para civitas akademik kampus USU, komunitas – komunitas yang terkait.

Tema “Kawasan Tanpa Rokok ( KTR )- Problem dan Prospeknya di Masa Depan” dibawakan oleh Dr. Juanita SE, M. Di negara maju larangan merokok semakin meluas, sebaliknya di Indonesia, menimbulkan Pro dan Kontra. Pemerintah menghadapi dilema dan bersifat mendua dalam menghadapi persoalan rokok, antara kesehatan dan ekonomi. Adanya tarik menarik kepentingan dalam menetapkan kebijakan rokok ditingkat pusat dapat disikapi oleh pemerintah daerah (kabupaten/kota) dengan membuat perda KTR, Penerapan KTR diberbagai tatanan dapat diwujudkan melalui penggalangan komitmen bersama untuk melaksanakannya. Dalam hal ini peran lintas sektor sangat penting untuk menentukan keberhasilan dari penetapan KTR sebagai salah satu Upaya penaggulangan bahaya rokok.(admin)