logo fkm

portal akademik PORTAL
AKADEMIK
usu mail USU
MAIL
e-learning USU
E-LEARNING
blogger USU
BLOG

usu ocw USU OCW
Publikasi digital gratis dan terbukadapat diakses oleh siapapun dan kapan saja melalui Internet

scientific journal JURNAL ILMIAH
Terdiri dari database berlangganan jurnal ilmiah

usu repository USU REPOSITORY
Terdiri dari karya oleh dan / atau tentang universitas dalam bentuk dokumen elektronik

Written on 13/03/2013, 08:47
penerimaanekstensi2013  PENERIMAAN MAHASISWA TAHUN AKADEMIK 2013/2014   PROGRAM EKSTENSI           PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT     FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Sekretariat :   FKM-USU, Jl. Universitas No.21 Kampus USU, Medan, 20155 Telp./Fax. (061)...
Written on 12/10/2012, 04:46
pengumuman-alur-jurnalPENGUMUMAN Nomor :         /UN5.1.10/LLS/2012     SEHUBUNGAN DENGAN SK REKTOR USU NOMOR : 1355/UN5.1.R/SK/SPB/2012 TGL. 28 AGUSTUS 2012, TENTANG PUBLIKASI KARYA ILMIAH BAGI LULUSAN PROGRAM S1, DIUMUMKAN SEBAGAI BERIKUT :   1.JURNAL ILMIAH MERUPAKAN SALAH SATU SYARAT UNTUK BISA MENGIKUTI...
Written on 25/09/2012, 04:54
beasiswa-sobat-bumiPertamina 14 Agustus 2012 dengan nomer 044/PF-DIR/SB/VII/2012 memberikan informasi bahwa Pertamina foundation untuk Tahun Akademik 2012/2013 akan membuka program beasiswa Sobat Bumi untuk 17 Perguruan Tinggi Negeri termasuk Universitas Sumatera Utara. Untuk itu Tahun Akademik 2012/2013 Pertamina Foundation akan mengalokasikan beasiswa untuk 13...
Written on 01/09/2012, 03:35
pengumumanPENGUMUMAN   DIBERITAHUKAN KEPADA MAHASISWA BARU PROGRAM PASCASARJANA S2/S3 IKM FKM USU T.A2012/2013 SUDAH DAPAT MEMBAYAR UANG SPP SEMESTER 1. DKA ( SEKALI BAYAR SAJA PADA SEMESTER 1 ). PENGAMBILAN FORMULIR PENDAFTARAN DAPAT DILAKUKAN PADA HARI SENIN 3 SEPTEMBER 2012 PADA BAGIAN AKADEMIK FKM USU. ORIENTASI MAHASISWA BARU S2 PROGRAM STUDI IKM...
Written on 27/08/2012, 03:30
pengumuman-program-s2-s3-t-a-2012-2013HASIL SELEKSI PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM S2 & S3 DILINGKUNGAN SUMATERA UTARA T.A 2013 / 2014. DAFTAR NAMA CALON MAHASISWA BARU YANG DITERIMA PADA PROGRAM S2 & S3 DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA TIDAK DAPAT DIUBAH. NAMA CALON MAHASISWA BARU YANG DITERIMA DAPAT DIUNDUH PADA LINK DIBAWAH INI...

Kurikulum Manajemen Kesehatan Bencana

Kurikulum Manajemen Kesehatan Bencana, terdiri 19 mata ajaran dengan bobot 42 SKS, dengan rincian sebagai berikut :

SEMESTER I

Kode

Mata Ajaran

SKS

Total

AKK 500

Ilmu Kesehatan Masyarakat

1

15

AKK 501

Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

3

 

AKK 502

Biostatistik

2

 

MKB 500

Manajemen Kesehatan Lingkungan Bencana

2

 

MKB 501

Rapid Survei Kesehatan Bencana

2

 

MKB 502

Etika dan Hukum Kesehatan Bencana

2

 

MKB 503

Manajemen Pelayanan Kesehatan Bencana

3

 

SEMESTER II

AKK 506

Metode Penelitian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

3

13

AKK 507

Analisis Kebijakan Kesehatan

2

 

MKB 504

Disaster Victim Identification

2

 

MKB 505

Manajemen SDM Kesehatan Bencana

2

 

MKB 506

Manajemen Keuangan Kesehatan Bencana

2

 

MKB 507

Manajemen Strategis Kesehatan Bencana

2

 

SEMESTER III

SPs 601

Seminar Proposal/Kolokium

1

7

MKB 600

Sistem Informasi Kesehatan Bencana

2

 

MKB 601

Perencanaan Kontingensi Kesehatan Bencana

2

 

MKB 602

Manajemen Logistik Kesehatan Bencana

2

 

SEMESTER IV

SPs 690

Seminar Tesis

1

7

SPs 699

Ujian Tesis

6

 

Total SKS

42

Deskripsi ringkas mata ajaran, adalah sebagai berikut :

 

AKK 500 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Mata kuliah ini membahas tentang konsep, prinsip kesehatan masyarakat, meliputi batasan dan ruang lingkup kesehatan masyarakat, sistem kesehatan nasional, subsistem pelayanan kesehatan, subsistem pembiayaan kesehatan, upaya kesehatan, organisasi kesehatan masyarakat. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami ruang lingkup ilmu kesehatan masyarakat sebagai induk AKK mencakup manajemen kesehatan bencana.

 

AKK 501 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah, konsep, prinsip atau fungsi, dan perkembangan administrasi dan kebijakan kesehatan, sebagai induk dari manajemen kesehatan bencana.  Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dan menguasai dasar-dasar AKK, khususnya manajemen kesehatan bencana.

 

 

 

AKK 502 Biostatistik

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan metode atau teknik statistik untuk kepentingan AKK, khususnya untuk analisis data kesehatan bencana. Materi yang perlu dibahas, antara lain statistik deskriptif dan inferensial sesuai skala pengukuran data (nominal, ordinal, interval dan rasio). Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menerapkan prinsip, metode dan teknik statistik untuk manajemen kesehatan bencana.

 

MKB 500 Manajemen Kesehatan Lingkungan Bencana

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip managemen kesehatan lingkungan pasca bencana. Materi yang dibahas: Kesehatan lingkungan pemukiman, perumahan, tempat pengusian korban bencana, penyediaan air bersih, Pengendalian vektor.  Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan memanfaatkannya dalam bidang manajemen kesehatan bencana.

 

MKB 501 Rapid Survei Kesehatan Bencana

Mata kuliah ini membahasa tentang metode, tehnik dan pelaksanaan penelitian cepat atau Rapid Survey untuk mengidentifikasi berbagai persoalan kesehatan yang muncul pasca bencana. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan rapid survei, dan dapat memanfaatkan hasilnya untuk manajemen kesehatan bencana.

MKB 502 Etika dan Hukum Kesehatan Bencana

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip etika dalam bidang kesehatan sesuai dengan hukum kesehatan yang berlaku, khususnya etika dan hukum dalam ruang lingkup kesehatan bencana.  Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan memanfaatkannya dalam bidang  manajemen kesehatan bencana.

 

MKB 503 Manajemen Pelayanan Kesehatan Bencana

Mata kuliah ini membahas tentang konsep, fungsi dan aplikasi manajemen pelayanan kesehatan untuk korban bencana, yang meliputi upaya pelayanan kesehatan perorangan (UKP), kesehatan masyarakat (UKM), dan  upaya penunjang untuk UKP dan UKM pasca bencana.  Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami dan memanfaatkannya untuk bidang manajemen kesehatan bencana.

AKK  506 Metode Penelitian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas metode penelitian yang digunakan dalam memecahkan masalah pada fokus dan lokus AKK, meliputi penyusunan latar belakang, permasalahan, tujuan penelitian, landasan teori, kerangka konsep, jenis penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data, definisi operasional, aspek pengukuran, teknik analisis data, hasil penelitian, pembahasan, serta kesimpulan dan saran. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat mengaplikasikan metode penelitian untuk penelitian ilmiah dan terapan bidang AKK, termasuk dalam bidang  kesehatan bencana.

AKK 507 Analisis Kebijakan Kesehatan

Mata kuliah ini membahas tentang tata cara analisis kebijakan publik, khususnya kebijakan kesehatan, mulai dari perumusan masalah kebijakan, tujuan, pendekatan analisis kebijakan, argumen kebijakan, bentuk analisis kebijakan, faktor yang berpengaruh terhadap kebijakan, serta penarikan kesimpulan dan penyusunan rekomendasi kebijakan kesehatan, termasuk dalam bidang kesehatan bencana. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan analisis kebijakan kesehatan secara komprehensif, mencakup kesehatan bencana.

MKB 504                     Disaster Victim Identification

Mata kuliah ini membahas tentang pelaksanaan fungsi manejemen yang memenuhi ketentuan persyaratan kesehatan forensik, hukum,  sosio budaya, agama, dan lokasi pemakaman untuk   mengelola korban mati pasca bencana. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan  manajemen untuk korban mati akibat bencana sesuai persyaratan tersebut.

 

MKB 505 Manajemen SDM Kesehatan  Bencana

Mata kuliah ini membahas konsep dan  prinsip manajemen sumberdaya manusia yang mengelola bencana.  Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan pengelolaan sumberdaya manusia yang menangani kesehatan bencana secara komprehensif.

MKB 506 Manajemen Keuangan Kesehatan Bencana

Mata kuliah ini membahas konsep dan  prinsip manajemen keuangan bencana masal, pada tahapan normal dan pada setiap saat dalam kondisi darurat bencana, meliputi pengelolaan dan mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang diterima dari APBN atau APBN, dan dana dari sumber lainnya. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan manajemen keuangan kesehatan bencana secara komprehensif.

 

MKB 507 Manajemen Strategis Kesehatan Bencana

Mata kuliah ini membahas konsep dan prinsip manajemen strategis dalam pelayanan kesehatan, meliputi penyusunan visi, misi, nilai, strategi, sasaran, tujuan, analisi SWOT, penyusunan rencana strategis, proses pengambilan keputusan, dalam konteks pelayanan kesehatan bencana. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan manajemen strategis kesehatan bencana secara komprehensif.

MKB 600 Sistem  Informasi Kesehatan Bencana

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip dan metode sistem informasi kesehatan, meliputi keadaan, masalah, kebijakan, langkah-langkah dan pokok-pokok kegiatan pemantapan dan pengembangan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di Indonesia, survei kesehatan, indikator kesehatan, profil kesehatan, sistem informasi geografi dan demografi, pengendalian dan pengembangan sistem informasi; dan secara khusus membahas tentang SIK Bencana. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat memahami fungsi SIK dan menerapkan pada manajemen kesehatan bencana.

 

MKB 601 Perencanaan Kontingensi Kesehatan Bencana

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan proses penyusunan rencana  kontingensi kesehatan bencana, mulai dari analisis situasi sampai tahap evaluasi sebagai antisipasi jika terjadi bencana. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun perencanaan kontingensi kesehatan bencana.

 

MKB 602 Manajemen Logistik Kesehatan Bencana

Mata kuliah ini membahas pengkajian pengadaan kebutuhan, persediaan, penyimpanan, dan distribusi serta transportasi  logistik kesehatan secara umum dan secara khusus logistik kesehatan dalam menghadapi bencana.  Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan kegiatan manajemen kesehatan logistik kesehatan bencana.

 

SPs 601                       Seminar Proposal/Kolokium

Mata kuliah ini membahas proposal penelitian untuk penulisan tesis, yang disusun oleh mahasiswa dengan bimbingan tim pembimbing; dengan tujuan memberi masukan bagi penyempurnaan proposal penelitian untuk tesis.

SPs 690                       Seminar Tesis

Mata kuliah ini membahas naskah tesis yang bersumber dari hasil penelitian ilmiah, yang disusun oleh mahasiswa dengan bimbingan tim pembimbing, dengan tujuan meningkatkan kualitas naskah tesis dan pemahaman mahasiswa tentang substansi naskah tesis. Komponen yang dibahas, meliputi: (1) Isi dan Bobot Tesis, mecakup: Keaslian ide atau gagasan, bobot permasalahan, landasan teori, metode penelitian, penulisan hasil penelitian, substansi pembahasan, perumusan kesimpulan dan saran; (2) Penyajian isi tesis secara lisan; (3) Kemampuan menjawab dan mempertahankan isi tesis; dan (4) Sikap dan Penampilan.

SPs 699                       Ujian Tesis

Mata kuliah ini merupakan kegiatan akademik untuk menilai naskah tesis, dengan aspek yang dinilai, meliputi: (1) Isi dan Bobot Tesis, mecakup: Keaslian ide atau gagasan, bobot permasalahan, landasan teori, metode penelitian, penulisan hasil penelitian, substansi pembahasan, perumusan kesimpulan dan saran; (2) Penyajian isi tesis secara lisan.; (3) Kemampuan menjawab dan mempertahankan isi tesis; dan (4) Sikap dan Penampilan.