Strategi FKM USU untuk mencapai Visi:
- Menguatkan komitmen bersama untuk meningkatkan akreditasi FKM USU;
- Meningkatkan mutu pembelajaran secara berkelanjutan;
- Meningkatkan mutu sarana dan prasarana pendidikan ;
- Meningkatkan suasana akademik yang kondusif;
- Membangun kerjasama dengan pemangku kepentingan FKM USU.
Sasaran dan Indikator Kinerja Rencana Strategis FKM USU 2016 – 2020
Sasaran | Indikator | Tahun | ||||
(1) | (4) | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 |
BASELINE | ||||||
Menguatkan komitmen bersama untuk meningkatkan akreditasi FKM USU |
Satuan kerja (departemen, program studi) menyusun program kerja yang sinkron dengan visi FKM USU dan visi USU |
70% | 80% | 90% | 100% | 100% |
Membangun komunikasi yang intens dengan satuan kerja melalui kegiatan formal maupun informal |
70% | 80% | 90% | 100% | 100% | |
Menjaga jumlah mahasiswa (S1) yang diterima per tahun akademik untuk tercapainya ratio dosen dan mahasiswa yang ideal |
300 | 300 | 300 | 300 | 300 | |
Meningkatkan monitoring dan evaluasi belajar untuk tercapainya indikator pembelajaran yang bermutu | Rerata IPK mahasiswa | 3,30 | 3,40 | 3,40 | 3,50 | 3,50 |
Rerata masa studi lulusan setiap tahunnya | 4,3 | 4,3 | 4,2 | 4,2 | 4,1 | |
Memantau pelaksanaan kurikulum | Mata kuliah yang dilengkapi dengan deskripsi, sillabus dan SAP > 95% sesuai dengan Kurikulum Nasional S1 IKM dan KKNI | >95% | 100% | 100% | 100% | 100% |
Sekali dalam 3 tahun | - |
Terlak Sana |
- | - |
Terlak sana |
|
Sekali dalam 3 tahun | - |
Terlak Sana |
- | - |
Terlak sana |
|
Meningkatkan mutu fasilitas pembelajaran | Penyediaan Laptop, LCD, proyektor, whiteboard, AC, kipas angin, dan jaringan WIFI sesuai dengan kebutuhan | 90% | 95% | 100% | 100% | 100% |
Jumlah mahasiswa (S1) penerima beasiswa | 221 | 222 | 222 | 223 | 224 | |
Meningkatkan jumlah dan kualitas penelitian | % dosen yang melaksanakan penelitian |
78% |
85% |
90% |
95% |
100% |
% penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa |
60% |
90% |
90% | 100% |
100% |
|
Meningkatkan publikasi ilmiah tenaga pendidik | Persentase keikutsertaan tenaga pendidik sebagai penyaji /presenter dalam kegiatan ilmiah | 85% | 90% | 95% | 95% | 100% |
Jumlah publikasi tenaga pendidik dalam jurnal/ prosiding nasional per tahun |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
|
Meningkatkan publikasi ilmiah mahasiswa | Jumlah kegiatan per tahun |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
Jumlah proposal | 58 |
65 |
75 | 80 | 90 | |
Meningkatkan kegiatan pengabdian pada masyarakat | % dosen yang melaksanakan pengabdian pada masyarakat |
23% |
50% |
60% |
75% |
90% |
% pengabdian pada masyarakat dosen yang melibatkan mahasiswa |
60% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|
% tenaga pendidik yang mengikuti workshop pengabdian pada masyarakat | 50% | 75% | 85% | 90% | 95% | |
Meningkatkan suasana akademik yang kondusif | Jumlah kuliah pakar setiap tahun | 4 | 4 | 5 | 5 | 6 |
Jumlah kegiatan seminar dan workshop setiap tahun | 4 | 4 | 5 | 5 | 5 | |
Jumlah fieldwork setiap tahun | 1 | 2 | 3 | 9 | 9 | |
Jumlah fieldtrip setiap tahun |
- |
1 | 1 | 2 | 2 | |
Mengadakan joint conference dengan universitas dalam negeri | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
Mengadakan joint conferrence dengan universitas luar negeri | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
Mengadakan joint research dengan universitas luar negeri | 0 | 1 | 1 | 1 | 1 | |
Membangun kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat | Jumlah kerja sama dengan institusi terkait di dalam negeri | 28 | 30 | 40 | 50 | 60 |
Jumlah kerja sama dengan lembaga, institusi dan universitas luar negeri | 4 | 5 | 5 | 6 | 6 |