BROSUR T.A. 2015/2016 PROGRAM STUDI S3 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(PS S3IKM FKM USU)

Sekretariat Penerimaan Mahasiswa BaruFKM USU

Jalan Universitas No.21, Kampus USU – Medan

Gedung A Lt. II FKM USU

Telepon/Fax. :1. (061) 8213221;Fax.:(061) 8213221

                      2. (061) 8211369; Fax.:(061) 8211369

I.  PENDAHULUAN

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat jenjang Program Doktor (Strata 3) Fakultas KesehatanMasyarakatUniversitas Sumatera Utara (PS S3 IKM FKM USU) dibukadengan SK Rektor USU No.929/H5.1.R/SK/PRS/2009 tanggal 11 Mei 2009.

Pembukaan PS S3 IKM FKM USU merupakanbagiandariupayapengembangandanpenyebarluasanbidangKesehatanMasyarakat, dan besarnya kebutuhan sumber daya manusia (SDM) dengan kualifikasipendidikan S3bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat untuk pelaksanaan pembangunan bidangkesehatan,yang melingkupi aspek inovasi, pengembangan program dan  pemecahan berbagai masalah kesehatan, serta pemanfaatan,pemberdayaan dan pengembangan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Pembukaan program studiinimerupakanperwujudantanggungjawab USU dalammempersiapkandanmemenuhikebutuhantenagakesehatandengankeahlianbidangkesehatanmasyarakat, dantanggungjawab  USUdalampengembanganIlmuKesehatanMasyarakat

II.  TUJUAN

Menghasilkan lulusandengankualifikasi: 

1.         Berbudi luhur

2.         Bersikap terbuka dan tanggap terhadap perkembangan ilmu

3.         Memiliki wawasan dan kemampuan keilmuan yang diperlukan untuk mengadaptasi dan/atau menciptakan teori dan konsep.

4.         Mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam berkarya di bidang keahlian kesehatan masyarakat, termasuk menggunakan pendekatan multidisipliner/ interdisipliner.

5.         Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya kepada masyarakat ilmiah dan masyarakat umum.

6.         Mempunyai kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian.

III.  PENERIMAAN MAHASISWA

3.1  Persyaratan Akademik

1.    Lulusan Program Magister (S2) atau yang setaradariperguruantinggi yang diakuiolehpemerintahdalamdisiplinilmusebidangdantidaksebidang, dengan :

a.    IPK ≥ 3,00 padaskala 0-4, atau

b.    IPK 2,50-2,99 padaskala 0-4,  diberlakukanpersyaratanakademik, yaitu:

  • Dapatditerimadengan status “Percobaan” selama 1 semester. Selama masa percobaanmempunyaihakdankewajibansamadenganmahasiswalainnya.
  • Status “Percobaan“ akandihapusdandapatmelanjutkanstudiapabilahasilevaluasipadaakhir  Semester I memperoleh IPK  ≥ 3,00 (dari Mata KuliahUmumdan Mata KuliahKeahlian); danapabila IPK < 3,00 ditetapkantidakdapatmelanjutkanstudi.

2.   Membuatdraf proposal penelitianuntukdisertasi, denganisidraf minimal, meliputi :judul, latarbelakangmasalah, permasalahan, tujuan, manfaat, landasanteori, kerangkakonsep, danmetodepenelitian.

3.   DapatmenulisdanberbicaradalambahasaInggrisdenganbaik. KelemahandalamberbahasaInggrisharusdapatdikurangiselama masa pendidikan.

3.2 PersyaratanAdministrasi

1.    Mengisiformulirpendaftaran

2.    BiayapendaftaranRp. 1.000.000,-

3.    Melampirkan :

a.    Fotokopiijazah (S1, Spesialis/S2) dantranskripakademik yang telahdisahkan.

b.    Draf proposal penelitianuntukdisertasisebanyak 3 (tiga) rangkap

c.    Izinpimpinaninstansibagicalonmahasiswa yang bekerjapadasuatuinstansi.

d.    Suratketerangansehatdaridokter.

e.    KeterangankemampuanberbahasaInggrisdariinstansi yang berwenang.

f.     Rekomendasikemampuanakademikdari 2 orang mantanpembimbing/dosenpada program pendidikansebelumnya.

g.    Buktipendidikantambahan.

h.    Buktikaryailmiah.

i.      Kegiatanilmiah yang pernahdiikuti.

j.      Riwayathidup

k.    Pasfotoukuran 3x4 dan 2x3 masing-masing 6 lembar (berwarna).

l.      Buktipembayaranbiayapendaftaran

3.3 Sistem Seleksi 

1.      Seleksi berkas/persyaratan akademik dan administrasi.

2.      Mengikuti kegiatan evaluasidanwawancara, yang meliputimateri: (a) pengujiandraf proposal penelitian, (b) kemampuanintelektual,  (c) kematanganemosional, (d) motivasimengikutipendidikan, dan (e) kepribadian dan integritas.

3.      Seleksi dilakukan oleh panitia yang ditetapkan oleh Dekan.

4.      Hasil seleksi disampaikan panitia kepada Dekan untuk diteruskan dan ditetapkan oleh Rektor.

5.      Hasil seleksi akan diberitahukan secara tertulis kepada calon mahasiswa.

3.4  Jadwal Penerimaan mahasiswa

No

Kegiatan

Waktu*

1

Pendaftaran

02Februari – 25Juli 2015

2

Ujian Seleksi

03 Agustus – 05 Agustus 2015

3

Pengumuman

15Agustus 2015

4

Pendaftaran Mahasiswa Baru

15 Agustus  – 22 Agustus2015

5

Orientasi Mahasiswa Baru

27Agustus– 29 Agustus2015

6

Awal Perkuliahan

04September 2015 (disesuaikan dengan Kalender Akademik USU)

*Dapat berubah sesuai ketentuan USU

IV. PERKULIAHAN DAN MASA STUDI

1.      KegiatandanpelayananadministrasipendidikanberlangsungdarihariSeninsampaiSabtuselama jam kerja, denganwaktuperkuliahanpadahariJumatdanSabtu

2.      Masa studi yang harus ditempuh mahasiswa minimal 6 semester dan maksimal 10 semester.

V. PEMBERIAN GELAR

Mahasiswa yang telahdinyatakan lulus ujiandisertasi, berhakmenyandanggelarDoktor, dengansingkatan: Dr. Penggunaanataupenulisansingkatangelar, ditempatkanataudituliskan di depannama yang berhakatasgelartersebut.

VI. BIAYA PENDIDIKAN

1.    SPP: Rp.11.000.000/semester*

2.    Registrasi: Rp. 50.000/semester*

3.    Dana KelengkapanAkademik (DKA): Rp. 7.000.000 (hanya di semester  I)*

4.    LatihanDasarProfesiKesehatanMasyarakatRp. 750.000,- (hanya di semester  I)*

*  dapat berubah sesuai dengan ketentuan USUdanuang yang sudahdisetortidakdapat

ditarikkembali

VII. SEKRETARIAT

Formulirpendaftarandaninformasilebihlanjut, dapatdiperoleh/dihubungi :

Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru FKM USU

Jalan Universitas  No.21, Kampus USU – Medan

Gedung A Lt II FKM USU

Telepon/Fax    : 1. (061) 8213221; Fax : (061) 8213221

                    2. (061) 8211369; Fax : (061) 8211369

Sekretariat      : M. Zulham, SE, MSi(HP. 08126502604)

                        Asmalina                     (HP. 085359772646

Medan,      Februari 2015