INDOHUN GLOBAL HEALTH TRUE LEADER (GHTL) BATCH 6

MEDAN-FKMUSU:Tiga orang Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara (Erdianta Sitepu, Muhammad Rizal, Lisa Suryani) mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan Global Health True Leader (GHTL) batch 6 yang dilaksanakan di Bukittinggi Sumatera Barat selama 1 minggu (29/7– 4/8/2016)

Global Health True Leader (GHTL) adalah sebuah platform pelatihan kepemimpinan berkelas internasional yang dilaksanakan oleh Indonesia One Health University Network (INDOHUN) yang berasosiasi dengan The South East Asia One Health Univeristy Network (SEAOHUN)yangmemiliki perhatian khusus untuk melaksanakan One Health Approach, dimana para praktisi kesehatan baik dokter, perawat, bidan, dokter hewan, kesehatan masyarakat, gizi, teknik lingkungan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah zoonosis di dunia dandi Indonesia.

GHTL 2

Peserta GHTL Batch 6 terdiri dari perwakilan mahasiswa S1 dan S2 dari 34 universitas dan fakultas seluruh Indonesia yang berusia dibawah 30 tahun dan telah telah melalui seleksi yang ketatoleh panitia(termasuk kemampuan berbahasa Inggris) dengan jumlah total peserta yang lulus sebanyak 53 orang.

Pelatihan GHTL batch 6 inijuga diikuti oleh Alumni FKM USUyaitu Nanda Safira (Fresh Graduate), Nelly Pasaribu (Alumni Tahun Angkatan 2007, saat ini mengambil Post Graduate di Kaohsiung Medical University, Taiwan), dan Fransiska Simbolon (Alumni Tahun Angkatan 2010, saat ini mengambil Post Graduate di Kaohsiung Medical University, Taiwan).

GHTL telah dilaksanakan beberapa kali dengan tempatyang berbeda beda, yaitu ;
GHTL Batch 1 : Makassar, 17-26 Januari 2014
GHTL Batch 2 : Thailand, 18-22 April 2014
GHTL Batch 3 : Vietnam, 25-29 April 2014
GHTL Batch 4 : China, 5-9 Mei 2014
GHTL Batch 5 : Pontianak, 17-24 Agustus 2015
GHTL Batch 6 : Bukittinggi, 29 Juli-4 Agustus 2016
GHTL Batch 7 : Kupang, 11-17 Agustus 2016
GHTL Batch 8 : Bali, 24-30 Agustus 2016

Rangakaian acara pelatihan dirancang sangatbaik oleh PanitiaIndohun. Setiap pagi pukul 04.30 WIB seluruh peserta wajib berkumpul di Lobby HotelNovoteluntuk berolahraga ke lapangan Kodim Bukittinggi yang dilatih oleh personil TNI AD.Kemudiandilanjutkan sesi materi di Balai Sidang Bung Hattayangmenggunakan Bahasa Inggris, baik dalampenyampaian materi atau ketika tanya jawab/diskusi. Para peserta GHTL Batch 6 dilatih untuk dapat memahami topik-topik berikut ini :

  • One Health Concept and Knowledge - Fundamental of Infectious Disease
  • Epidemiology and Risk Analysis - Infectious Disease Menagement
  • Global Issues and Challenges - Disease prevention and Control
  • Culture, Belief, Values, Ethics - Outbreak Investigation/Surveillance
  • Life Values of True Leader - Policy, Advocacy, and Regulation
  • Public Leader : Ethic and Morality - Collaboration and Partnership
  • Public Speaking and Presentation ­ - Proposal Development
  • Behaviour Development, Commuication and Informatics

Dengan pembicara sebagai berikut :

  • Prof. Wiku Adisasmito, DVM, M.Sc., Ph.D (Universitas Indonesia)
  • Prof. Stan Fenwick, Ph.D., MSc. BVMS (Tufts University)
  • Dr. dr. Sri Budayanti, Sp.MK.(K) (Universitas Udayana)
  • dr. Syahrizal Syarif, MPH, Ph.D (Universitas Indonesia)
  • Dr. Alex Papilaya MPH, DTPH (Universitas Indonesia)

Field Trip dilaksanakan untuk melihat langsung masalah dan kemungkinan zoonosis yang dapat terjadi dari awalsampai akhirpengolahan daging sapi dengan mengunjungiBalai Inseminasi Buatan (BIB) Tuah Sakato Payakumbuh untuk melihat langsung proses pembekuan semen Sapi tahap demi tahap.Balai Pembibitan Ternak Unggul Padang Mangatas untuk melihat bagaimana proses perawatan dan peternakan sapi. Rumah Potong Hewan (RPH) Payakumbuh yang merupakan rumah potong hewan terbesar dan termodern di Indonesiahingga saat ini, untuk melihat langsung proses pemotongan sapi dengan metode paling modern.Rumah Rendang Riry Payakumbuh untuk melihat bagaimana proses pengolahan sapi menjadi rendang sapi yang merupakan oleh-oleh khas Sumatera Barat.

GHTL 1a

Field Work dilakukan untuk menerapkan materi-materi yang telah dipelajari selama di kelas dengan kegiatan-kegiatan : Bakti Sosialmengadakan pengobatan gratis kepada masyarakat di Puskesmas Padang Panjang. Penyuluhandilakukan kepada masyarakat mengenai Rabies. Penyuluhan kepada Anak Sekolahuntuk mengajari anak-anak tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Suplementasi Hewandilakukan kepada hewan ternak yang dimiliki oleh penduduk Padang Panjang. Penanaman Pohondilakukan di areal yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Padang Panjang

National Leadership Programdilaksanakan untuk membina dan menumbuhkan semangat nasionalisme kepada seluruh peserta dengan melibatkan Personil TNI AD. Kegiatan dilakukan di areal pelatihan TNI AD di Ngarai Sianok.

Gala Dinner and Cultural Nightdilaksanakan padahari terakhir untuk memperkenalkan budaya dari masing-masing peserta dengan menampilkan pertunjukan budaya seperti tariandandrama.