AKHMAD RAPIUDIN, MAHASISWA BERPRESTASI DARI FKM USU

MEDAN-FKMUSU:Dekan FKM USU (Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, M.Si) didampingi Wakil Dekan I FKM USU (Dra. Nurmaini, MKM, Ph.D) mengadakan pertemuan dengan salah satu mahasiswa berprestasi FKM USU (Akhmad Rapiudin) dan staf pegawai bagian kemahasiswaan (Zulhadi Efendi) di ruang Dekan lantai 2 FKM USU (20/6/2016).

Akhmad Rapiudin, yang biasa disapa Rapi ini adalah mahasiswa peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sumatera Utara (USU) angkatan 2012. Pria yang saat ini mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,75 ini memiliki berbagai prestasi mulai dari tingkat lokal, nasional maupun internasional diantaranya adalah menulis, public speaking maupun menari tarian daerah.

Rapi 1

Di bidang public speaking, ia pernah menjadi The 1st Best Essay Presentations, yang diselenggarakan World Universal Peace Federation di Manila Hotel, Philipinnes pada Asian Summit 2015. Dalam kongres pemuda tingkat Internasional itu, Rapi menulis essay dengan tema: “Toward Peace, Security and Human Development in The Asia Pasific Region”.

Selain itu, ia juga mendapatkan The 1st Best Art and Cultural Performance, pada acara Philippine-Indonesia Leadership and Cultural Exchange pada tahun yang sama. Ia juga pernah menjabat sebagai staff aktif di divisi seni dan budaya Unit Kegiatan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (UKM Kesmas) FKM USU.

Rapi 2

Pria yang memiliki postur tubuh kurus tinggi ini juga baru-baru menjadi delegasi terpilih dari Provinsi Sumatera Utara dalam Indonesian Culture and Nationalism (ICN) 2016 yang dilaksanakan oleh Student Board Universitas Parastiya Mulya. Meskipun ia berasal dari Tangerang, namun ia menjadi perwakilan terpilah dari Provinsi Sumatera Utara. “ Waktu tak akan kembali lagi, jadikan waktu itu bermanfaat dengan terus mencari ilmu”, kata Rapi.

Pria kelahiran Tangerang, 20 Juni 1994 yang sekarang ini menjabat sebagai Ketua Umum Keluarga Mahasiswa Bidikmisi (GAMADIKSI) USU juga pernah mendapatkan juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah III Nasional Badan Eksekutif Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas Padang dan aktif mengikuti berbagai organisasi dan forum pemuda baik tingkat lokal, nasional dan internasional.

Tak hanya aktif di kegiatan menulis, public speaking, dan menari tarian daerah namun ia juga aktif di kegiatan sosial. Jiwa sosial yang tinggi membuatnya selalu bersemangat untuk terus bermanfaat bagi orang lain. Salah satunya ia aktif sebagai Direct Project (ketua panitia pelaksana) Gerakan Sumut Mengajar dan salah satu ketua aktif dalam satuan tim kerja (STK) Aliansi Pemuda Peduli Sumatera Utara.

Rapi 3

Ia terus membagi ilmunya hingga ke pelosok negeri. “Bermanfaat bagi orang lain adalah anugerah karena sedikit perubahan yang dilakukan akan berdampak besar bagi pendidikan bangsa Indonesia sendiri, “ujarRapi. Untuk membagi kisah inspiratifnya, Rapi juga menjadi salah satu penulis terbaik dalam buku kisah inspiratif yang berjudul “Langkah Tak Beraturan” yang disusun oleh GAMADIKSI USU. Kisah inspiratif Rapi yang berjudul “Langkah Kecil Pemimpi Kampungan” juga termasuk dalam 20 besar kisah inspiratif terbaik mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi Indonesia yang dibukukan dalam buku kisah inspiratif yang berjudul “20 Kisah Inspiratif Sahabat Bidikmisi Indonesia” yang disusun oleh Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional (Permadani Diksi Nasional) bersama Kemenristek Dikti Republik Indonesia.

“Saya memang berasal dari keluarga yang kurang mampu, tapi itu tidak menutup kemungkinan kalau saya harus punya masa depan yang lebih baik dan gemilang. Yang paling penting adalah semangat dan kerja keras untuk mau maju dan berprestasi. Karena kalau kita tidak bisa menjadi yang paling membanggakan, bagaimana kita bisa membahagiakan orang tua kita dan banyak orang” kata Rapi.

Berkat banyak prestasi yang ia raih, Rapi pernah mendapatkan penghargaan dari Rektorat USU tahun 2015 sebagai mahasiswa USU yang berprestasi di tingkat Nasional dan Internasional yang diberikan langsung oleh Rektor USU pada saat upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Beragam prestasi yang ia miliki membuatnya tidak berpuas diri, dan terbukti pada tahun ini ia mampu mempertahankan posisinya sebagai mahasiswa USU yang berprestasi tingkat nasional dan internasional. “Masih banyak impian yang ingin dituju, dan menjadi manusia yang bermanfaat dan berprestasi adalah kebahagiaan yang membuat kita lebih bersyukur, harapan terbesar saya saat ini ialah mampu melanjutkan studi S2 dan S3 saya diluar negeri, saya bermimpi bisa berkuliah di John Hopkins Medical School di Amerika Serikat dengan beasiswa penuh“ tutur Rapi.

Adapun prestasi yang telah dicapainya adalah sebagai berikut :

  1. Penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Sumatera Utara angkatan 2012
  2. Penerima beasiswa CSR perusahaan DataPrint periode 2015
  3. Juara 2 Lomba Artikel Islami FSLDKDSU IX 2013
  4. Juara 3 Lomba Film Dokumenter LDK FSLDKDSU IX 2013
  5. Pemenang Bussines Plan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Kemenkop & UKM RI 2013
  6. Juara 1 Lomba Cipta Puisi Dakwah Expo VII 2014
  7. Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Isi Kandungan Al-Qur’an MTQ USU 2014
  8. Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Islami UNNES Islamic Fair 2014
  9. Juara 1 Sayembara Menulis Essay dan Cerpen Nasional Al-Qolam Writivation Festival UPI Bandung 2014
  10. 1st Best Essay Presentation Asian Summit2015, Historic Manila Hotel Manila, Filipina 2015
  11. 1st Best Art and Cultural Performance Indonesia-Philippines Leadership and Cultural Exchange Program 2016, International Peace and Leadership Collage (IPLC), Tanay Rizal, Filipina 2015
  12. Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah III Nasional BEM KM Universitas Andalas Padang 2015
  13. Delegasi SMNPDN (Silaturahim dan Musyawarah Nasional Permadani Diksi Nasional),Universitas Hasanudin, Makassar 2015
  14. Delegasi Inspiring Youth Leader Forum (IYLF) 2015, Universitas Indonesia, Depok
  15. Mahasiswa USU yang Berprestasi Tingkat Nasional dan Internasional 2015
  16. Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an Tingkat Nasional UKM Al-Qur’an Study Club (ASC) Universitas Negeri Malang 2016
  17. Juara 1 National Green Social Project, Green Youth Camp 2016, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi) Sumatera Utara, BP-PAUDNI Medan 2016
  18. Sahabat Hijau Terbaik Green Youth Camp 2016, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi) Sumatera Utara, BP-PAUDNI Medan 2016
  19. Juara 1 Olimpiade Nasional Menulis Naskah Pidato Tingkat Nasional Forum Pemuda Bangun Negeri (FPBN) di Jakarta 2016
  20. Juara 3 National Essay Competition, Indonesian Golden Generations Summit 2016, Rapat Kerja Nasional Permadani Diksi Nasional 2016, Univeristas Islam Riau, Pekanbaru.
  21. Delegasi terpilih duta budaya Provinsi Sumatera Utara dalam Indonesian Culture and Nationalism bersama Menteri Pendidikan Republik Indonesia 2016

Dekan FKM USU sangat mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi dalam bidang ilmiah, seni dan olahraga. Oleh karena itu beliau memberi dukungan penuh kepada Para Mahasiswa yang berjuang untuk mencapai prestasi setingginya-tingginya, “FKM USU akan membantu sebisa mungkin bagi para mahasiswa yang memerlukan dukungan dalam perwujudan prestasi mulai dari tingkat lokal, nasional maupun internasional”, ujar Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, M.Si.

Di akhir pertemuan, Akhmad Rapiudin memberikan kenang-kenangan buku “Langkah Tak Beraturan” kepada Dekan dan Wakil Dekan I FKM USU. Semoga semakin banyak mahasiswa FKM USU yang mengukir prestasi tiada henti.